Temukan kami di Google+

Senin, 09 Januari 2012

File Draught Survey Excel Versi Terbaru Dilengkapi User Form

Kesalahan dalam memasukkan data kadang kita alami entah itu dikerenakan kurangnya ketelitian atau lelah dalam bekerja sehingga menyebabkan kurangnya konsentrasi. inilah sebagian penyebab kesalahan itu terjadi, kalau kesalahan itu kecil mungkin tidak terlalu berpengaruh. Kalau kesalahan itu sampai berakibat fatal misal sampai menghapus atau menghilangkan rumus-rumus atau fungsi-fungsi didalamnya. kita sendiri yang dibuat pusing tujuh keliling.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mencegah atau paling gak meminimalkan hal tersebut, setidaknya ada 3 cara yang blognya perwira laoet pernah coba.

  • Pertama, yaitu dengan memberi warna pada cell untuk input data.
  • Kedua, dengan membuat sheet baru untuk digunakan sebagai lembar formulir isian dan memprotect sheet yang mengandung formula dan fungsi-fungsi.
  • Ketiga, dengan mengunakan user form macro excel.
  • DLL.

Dengan cara pertama diatas masih dimungkinkan terjadinya kesalahan dalam input data dikarenakan cell input dan cell yang mengandung fungsi dan rumus masih dalam satu sheet seperti file excel yang saya pernah kirim pada kawan pelaut.

Dengan cara kedua kesalahan dalam input data dipastikan tidak akan terjadi dikarenakan cell input dan cell yang ada formulanya bukan dalam satu sheet dan juga sheet yang ada rumus dan fungsinya sudah diproteksi.

Dan cara yang ketiga yaitu dengan memanfaatkan user form macro pada excel, sama dengan cara ke-dua dipastikan tidak akan terjadi kesalahan dalam inputing data serta dengan menggunakan user form nampak sedikit profesional dengan tampilannya yang bisa dibuat sama dengan tampilan software berbayar seperti marine office dan kawan-kawan, selain itu dengan macro excel sayapun bisa menyederhanakan fungsi-fungsi yang panjangnya seperti jalan raya.

Hanya saja dibutuhkan sedikit pengetahuan soal visual basic dimana bahasa programnya sama dengan yang digunakan oleh pengembang software.

Sosok dari user formnya seperti gambar dibawah.

Sebenarnya ide membuat user form berawal saat saya mendownload suatu formulir, ehh gak taunya file tersebut merupakan file excel, sayapun bertanya-tanya kok bisa ya (ketahuan ndesonya). akhirnya saya tanya langsung ke guru saya (pak guru google) dan iya menjawab ya bisalah. Sambil ketawa mengejek saya, dan sayapun minta diajarin. AlhamduLILLAH sayapun bisa, Hingga menulisnya lewat blognya perwira laoet.

Nah sekarang saya sudah menambahkan user form pada file draft survey excel sehingga file excel ini merupakan program semi aplikasi, serta pada file excel ini sudah banyak penyesuaian sehingga memudahkan kawan pelaut untuk menggunakannya. File excel ini akan saya share ke kawan pelaut yang request dan tentunya bagi kawan pelaut yang sudah menjalin persahabatan melalui google+ dengan saya. Oh iya  nantinya file yang saya kirim  tidak ada logo bendera admiral line seperti gambar diatas, tapi logo blognya perwira laoet akan tetap ada.

Kawan pelaut bisa meminta dengan berkomentar dimanapun di blog saya, tapi akan lebih cepat saya tanggapi jika memintanya lewat formulir disini dengan mengisi nama dengan nickname google+ kawan pelaut (jika nama tidak cocok maka tidak akan terkirim filenya), mengisi alamat email dengan alamat email kawan pelaut tempat dimana saya akan mengirim filenya, memilih subject minta program applikasi, serta mengisi kolom pesan dengan program aplikasi yang diinginkan. Dengan begitu saya lebih mudah untuk memilahnya. Lebih jelasnya baca disini

Dengan adanya versi terbaru maka dengan sendirinya file excel yang akan saya kirim adalah file excel yang baru.

Kelebihan dari versi sebelumnya yaitu

  • Jika pada versi sebelumnya banyak yang harus disesuaikan maka pada versi kali ini kawan pelaut hanya merubah atau menyesuaikan sekali seumur hidup sheet hydrostatic table sesuai dengan hydrostatic tabel kapal kawan pelaut setelah itu kawan pelaut hanya bekerja dengan sheet formulir atau user form.
  • Sheet hydrostatic table bisa di isi sampai 2000 baris atau sama dengan  draft displacement kapal 20 meter, jika ada yang lebih dari 20 meter konfirmasi saya lewat email.
  • Untuk alasan keamanan sheet-sheet yang mengandung fungsi dan rumus sudah diprotect sehingga tidak akan berubah fungsi-fungsi serta rumus-rumus di dalamnya.
  • karena file ini masih semi aplikasi maka ukurannyapun cukup kecil untuk dikirim lewat email hanya 284 kb serta membutuhkan program pihak ketiga yaitu microsoft excel dan pastinya semua orang sudah familiar dengan program ini.
  • Pada versi sebelumnya ada beberapa bug, dan pada versi ini sudah diperbaiki.

Untuk menggunakannya kawan pelaut harus mengaktifkan terlebih dahulu macro excel dengan cara mengklick office button di pojok kiri atas->excel option->trust center->trust center setting-> pilih enable all macros-> berikan tanda cek pada trust access to the VBA project object model.

oh ya hampir lupa program semi aplikasi ini berjalan pada MS excel 2007 keatas, jika kawan pelaut menggunakan MS excel 2003 kebawah maka harus dirubah dulu (dibuat kompatibel) ke MS excel 2003 dari MS excel 2007. pasti kawan pelaut tahu cara merubahnya.

Untuk pengguna excel 2007, Jika file excelnya masih juga terjadi salah perhitungan artinya Excel 2007 kawan-kawan belum di-patch atau belum kebagian service pack dan harus mendownload paketnya di sini.

===========================================================================

Sedikit tips dari saya untuk mengetes apakah excel 2007 kawan pelaut sudah dipatch atau belom cobalah mengalikan 850*77.1 jika hasilnya 100,000 artinya belom dipatch dan sebaliknya.

===========================================================================

Dan pada file excel untuk stabilitas masih dalam tahap dikerjakan, cuma sayangnya belom bisa untuk dibagi karena data-data stabilitas, type kapal serta konstruksi tiap kapal berbeda seperti penjelasan saya pada postingan yang lalu, jadi misalnya saya bekerja di AMRTA JAYA I (kapal sekarang), dan sudah membuat perhitungan stabilitasnya dari excel maka file excel itu hanya berlaku untuk kapal AMRTA JAYA I sedangkan untuk kapal lain perlu banyak penyesuaian. Sayapun sedang mencari cara agar perhitungan stabilitasnya bisa dipakai untuk semua kapal.

Tanggapan untuk beberapa email, perhitungan stabilitas bisa diterapkan pada semua kapal dan itu semua kita dapatkan disekolah tinggal kita terapkan dikapal. Sedangkan untuk membuat aplikasi file excelnya butuh banyak penyesuaian.

Jika kawan pelaut merasa artikel ini menarik juga bermanfaat dan ingin berbagi dengan kawan-kawan lainnya lewat +1,facebook,ataupun twitter dll. Blognya perwira laut menyediakan fasilitas berbagi dibawah artikel ini silahkan klik pada tombol berbaginya. Blognya perwira laoet menulis artikel inipun dengan maksud berbagi kepada kawan-kawan.


Artikel Terkait

50 komentar:

  1. WeBe
    Terima kasih bung atas info2,bermamfaat sekali.
    Salam pelaut.

    BalasHapus
  2. Mr.Erick Rahman, thanks untuk softwarenya.

    BalasHapus
  3. balik kasih, semoga file excelnya bermanfaat.
    cuman ini siapa ya? soalnya komengnya sebagai anonim, jadinya gak kenal.

    BalasHapus
  4. mas broo Erick saya tggu email nya yah

    thanks

    BalasHapus
  5. hari ini saya telah mengirim paket excel ke beberapa kawan pelaut yang telah bergabung, untuk selanjutnya akan dikirim lagi jika telah memenuhi kuota

    BalasHapus
  6. thank bang atas sofwhere y.
    Smoga shat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama semoga bermanfaat, makasih telah mampir.
      ditunggu kunjungannya lagi.

      Hapus
    2. Daftar waiting list, semoga dapat juga File Draught Survey Excel Versi Terbaru dari bang Erick :D

      Hapus
  7. Pak eric, saya minta sofware nya draft survey nya... Butuh nih!! Semoga tuhan membalas semua amal bpk!! Amin

    BalasHapus
  8. Mas erik, bagi kita juga ya file nya, salam perwira laoet. :D

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bagi2 File Draught Survey terbaru nya bro Eric..? Ingin belajar cara hitung muatan kapal tongkang ... Terima Kasih.

      Hapus
  10. Terimakasih banyak, udah keterima aplikasinya..yang tentunya sangat bermanfaat.

    salam
    Achmad M

    BalasHapus
  11. hari ini saya telah mengirim paket excel kebeberapa kawan.
    maaf jika paketnya terlambat sampe beberapa bulan dikarenakan kesibukan pekerjaan. dan mohon dimaklumi.
    blog inipun belom ada postingan terbaru lagi2 kesibukan pekerjaan alasannya.

    BalasHapus
  12. terima kasih mas broo erick,, paketnya udah diterima dengan selamat..semoga Tuhan membalas kebaikan atas bantuan mas erick...aaammiiinnn..

    BalasHapus
  13. thankyou mas erick atas bantuan paket xls nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga filenya bermanfaat,jangan bosan2 mampir walau sekedar say hello.

      Hapus
  14. telah dikirim file excel ke teman yang request hari ini

    BalasHapus
  15. Wah bang ditunggu softwarenya..
    Sangat berguna ini untuk pekerjaan saya...semoga hal ini dpt menjadi amal yg baik buat bang Erick

    BalasHapus
  16. Pak erick rahman, saya bisa minta file draught survey nya, makasih sebelum nya salam sukses buat pak erick

    BalasHapus
  17. Pak Erick, File Draft surveynya sangat bagus dan berguna menunjang pekerjaan saya, kalau boleh minta copy softwarenya.....terima kasih

    BalasHapus
  18. Bro erik kalu boleh minta software draftnya. Saya ♍ªΰ blajar hitung muatan tongkang Tq

    BalasHapus
  19. Bro erick boleh saya minta softwarenya.trims

    BalasHapus
  20. uda nyampe softwarenya bang,makasi banget

    BalasHapus
  21. pak Ragil minta software nya ya, tolong di kirim ke email saya abualfaqih20@gmail.com atau agus_rahman8899@yahoo.com

    tks pak Ragil.

    BalasHapus
  22. Saleum Laoet..
    Pak Erick Bisakan saya di share untuk filenya ke amil saya rzk90210@gmail.com
    terimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
  23. kok blm bs ya mas erik apilkasi d.survey

    BalasHapus
  24. blh krm ke sini nggak...(irwanagung94@gmail.com)

    BalasHapus
  25. boleh gak mas minta kirim file aplikasi draft surveynya (iwankkojo@gmail.com)

    BalasHapus
  26. Salam survey pak. Saya Helmy, saya tertarik untuk mempelajari draught survey. sekiranya bersedia mengirim file ke email saya cs.lemboade@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  27. izin mas, boleh minta aplikasi draft surveynya (cracker.oat@gmail.com)
    salam pelaut

    BalasHapus
  28. Mas erik, bisa minta software draught survey nya ini sangat membantu pekerjaan saya, kirim ke
    mostapa699@gmail.com

    semoga makin sukses.

    BalasHapus
  29. Mas erik, bisa minta software draught survey nya ini sangat membantu pekerjaan saya, kirim ke
    mostapa699@gmail.com

    semoga makin sukses.

    BalasHapus
  30. Mas Erik bisa sharing sofware draught survey
    Atas bantuannya diucapkan terima kasih
    husnithamrin36@yahoo.com

    BalasHapus
  31. Selamat pagi pak, apakah saya bisa di bagi software nya karna saya baru masuk kerja dan kebetulan bagian draft survey tambang ini email saya pak fitriadi3rama28@gmail.com semoga menjadi ilmu yg bermanfaat aamiin...

    BalasHapus
  32. Mohon bantuan appnya donk bang...
    Saya baru di dunia tambang...
    Pliss bang...

    BalasHapus
  33. Pak eric, saya minta sofware nya draft survey nya... Butuh nih!! Semoga tuhan membalas semua amal bpk!! Amin

    BalasHapus
  34. selamat malam pak,, bisa minta sofware nya ke email ujirauzi0587@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  35. Selamat pagi pak. Apakah saya dapat meminta software ini? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  36. Kak minta software nya dong. Kirim ke email saya nico.ferdiansyah60@gmail.com. makasih kak. Semoga sehat selalu.

    BalasHapus
  37. Pak mohon bantuannya ya pak kirim ke syahrulg847@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  38. bang bagi file tw softwarenya。kirim ke sigit.tmb@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
  39. mlm pak,, bagi pak file excelnya nanangmesa99@gmail.com
    terimkasih pak semoga berkah dunia akirat

    BalasHapus

Next previous home
 

pilihlah salah satu

Edited Minima Template by ERICK RAHMAN

[close]