Temukan kami di Google+

Senin, 12 Desember 2011

Sea Clear Software Chart Plotting Yang Gratis

Kemarin saya membahas bagaimana memanfaatkan google earth sebagai chart plotter, cuma pada google earth masih banyak keterbatasannya misalnya pada saat berlayar belom bisa menampilkan haluan,cross track erorr(XTE), distance to go(DTG), dan masih banyak lagi, ini bisa dimaklumi karena tujuan google earth dibuat bukan untuk navigasi laut. Nah sekarang saya ingin membahas suatu software chart plotting untuk navigasi laut yang tentunya gratis.

Berawal saat berlayar di daerah china tahun 2007, pandu-pandu di sana biasanya memanfaatkan laptop serta GPS eksternal receiver yang dibawa untuk bernavigasi. saat itu sayapun berpikir bagaimana memanfaatkan nokia N95 saya, mulai dah pencariannya tanya sana tanya sini gak ketemu cukup sulit juga soalnya blom punya compi akhirnya belilah laptop dan dimulailah pencarian di dunia maya pas ketemu mbah google saya minta eh dikasihnya sea clear.

Sea clear adalah software chart plotting untuk navigasi laut yang gratis yang berbasis raster charts yakni kawan pelaut dapat memanfaatkan peta digital berformat bitmap dan PNG,  ini dikarenakan pengembang sea clear sendiri tidak menyertakan peta pada softwarenya, itulah alasannya kenapa software ini berbasis raster charts jadi kita sendiri yang mencari atau membuat petanya. Tidak seperti software chart plotting yang berbayar seperti transas yang berbasis vector charts yang sudah dilengkapi peta dan otomatis mahal harganya.

Emang sih agak ribet apalagi kalo berlayar pada daerah yang dimana peta lautnya susah dicari di internet jadi kita harus membuat petanya sendiri, membuat petanya sebenarnya gak sulit-sulit amat cuma dibutuhkan sedikit pengetahuan tentang program olah gambar seperti photoshop atau chasys draw jadi dech petanya, walau pada sea clear sendiri ada program olah gambarnya cuma saya lebih senang memakai chasys draw ataupun photoshop karena sudah familiar, untuk ini akan saya tulis pada artikel tersendiri, mungkin pada artikel selanjutnya tergantung om moomood eh tergantung mood maksudnya. hehehe

Versi terbaru dari sea clear yaitu sea clear II (sebenarnya dah lama cuma belom ada versi yang lebih baru lagi) dimana pada versi ini sudah lebih disempurnakan dari versi sebelumnya katanya sih begitu belom pernah nyoba versi terdahulu karena dapatnya dah versi sea clear II jadi gak bisa membandingkannya.

Walau sea clear berbasis raster chart dan tampilannya yang menurut blognya perwira laoet biasa saja tapi bagi saya software ini sangat powerfull, sehingga blognya perwira laoet sangat merekomendasikan software ini bagi kawan-kawan pelaut karena software ini punya banyak fitur dan tentunya gratis. Berikut fitur-fitur yang ditawarkan oleh sea clearII antara lain.

  • Selain dapat dikombinasikan dengan GPS sea clearII dapat pula dikombinasikan dengan perlengkapan navigasi elektronik lainnya seperti AIS untuk mengamati pergerakan kapal lain disekitar kapal, atau echo sounder. Seperti pada gambar diatas merupakan contoh display dari sea clear yang dikombinasikan dengan AIS.
  • Menggunakan peta raster seperti penjelasan saya diatas.
  • Banyaknya route yang dapat dibuat tidak terbatas, tergantung dari memory, begitupun untuk waypoint serta dapat mengimpor dan mengekspornya.
  • Memasukkan logbook secara manual ataupun automatis pada suatu file teks.
  • Dapat menampilkan XTE serta alarm, perhitungan jarak serta waktu yang akan ditempuh, haluan, serta baringan bahkan perkiraan penggunaan bahan bakar.
  • dll.

Selain poin plus diatas baiknya saya sertakan poin minusnya juga.

  • Sampai sekarang blognya perwira laoet belom dapat suatu cara untuk mengupdate peta-peta raster dengan NTM terakhir, kecuali dengan membuat peta raster yang baru.

Di atas adalah poin minusnya yang mungkin akan terpecahkan nantinya, mungkin oleh kawan pelaut serta pemakai peta-peta raster.

Dan blognya perwira laoet hanya bisa bilang pantaslah software ini sering menemani blognya perwira laoet dalam berdinas jaga.

Jika kawan pelaut ingin mendapatkan sea clear II bisa googling atau langsung download dari gudang dokumennya google.

Jika kawan pelaut merasa artikel ini menarik juga bermanfaat dan ingin berbagi dengan kawan-kawan lainnya lewat +1,facebook,ataupun twitter dll. Blognya perwira laut menyediakan fasilitas berbagi dibawah artikel ini silahkan klik pada tombol berbaginya. Blognya perwira laoet menulis artikel inipun dengan maksud berbagi kepada kawan-kawan.


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Next previous home
 

pilihlah salah satu

Edited Minima Template by ERICK RAHMAN

[close]