Temukan kami di Google+

Selasa, 18 Oktober 2011

Menambahkan Peta Laut Pada Google Earth

Sesuai janji saya pada artikel kemarin artikel kali ini akan membahas bagaimana kita menambahkan peta laut pada google earth agar tambah layak digunakan untuk bernavigasi, dengan menambahkan peta laut pada google earth maka tugas jaga navigasi kita lebih aman karena pada peta laut memberikan informasi bahaya-bahaya navigasi dan lain-lain.

Gak usah berpanjang lebar langsung saja ya.

Yang dibutuhkan untuk penambahan peta selain google earth yang sudah terinstall pada compinya kawan pelaut tentunya peta laut digitalnya, yang kawan pelaut bisa dapatkan lewat publisher negara setempat,ataupun kawan pelaut bisa search di internet.

Atau kawan pelaut membuatnya sendiri dengan menscan peta laut dan disimpan dalam format foto digital seperti JPEG, PNG atau format lainnya. tapi hal seperti ini tidak direkomendasikan oleh blognya perwira laut disebabkan kemungkinan adanya batasan dari hukum setempat.

Jika peta digitalnya sudah tersedia maka kawan pelaut buka google earthnya menuju kedaerah yang akan ditambahkan petanya, sebagai contoh saya ingin menambahkan peta no 18740 dari NOAA untuk daerah USA. Karena untuk daerah amerika kita bisa dengan mudah mendapatkan petanya di internet.

Klik pada icon image overlay ->klik browse (pilih peta digital yang sudah disimpan pada hard disk) ->atur transparansi dari peta dengan mendrag tombol transparansi sesuai kehendak kawan pelaut -> pilih tab altitude(pilih clamped to sea floor) ->pilih tab location (tetapkan batas utara, selatan, timur, dan barat dari peta) jika semua beres klik ok berikut penjelasan dengan gambarnya

 

Bagaimana klo kita ingin mengoreksi peta sesuai dengan NTM terakhir…?

Selain kawan pelaut bisa menambahkan peta kawan pelaut juga bisa menambahkan garis haluan baca lagi postingan sebelumnya dan juga bisa mengoreksi peta sesuai dengan NTM terakhir tergantung kreatifitas kawan pelaut masing-masing.

Contohnya kawan pelaut bisa menambahkan place mark untuk menandakan suatu bouy, suar ataupun kerangka kapal dan lain-lain, ataupun menambahkan polygon untuk  menandakan suatu daerah misalnya daerah tempat berlabuh jangkar, daerah latihan militer, dll.

Mau lihat hasilnya…? berikut hasil pekerjaan dari atas sampai bawah yang saya buat dalam file berformat kml sebesar 8 kb yang kawan pelaut bisa download, bukalah file tersebut maka kawan pelaut bisa melihat contoh peta dan bouy yang saya buat dalam google earth, kawan pelaut bebas untuk mengeditnya.

Oh iya, untuk membukanya kawan pelaut harus tersambung dengan jaringan internet karena gambar petanya di hosting pada suatu website.

Mungkin saat membukanya, petanya agak sedikit lama terbuka tergantung kecepatan internet kawan pelaut serta website tempat hosting gambar petanya dan juga dikarenakan file gambarnya sekitar 700 kb.

Baiknya kawan pelaut copy gambarnya dari sini dan simpan pada hard disknya kawan pelaut setelah itu buka properties dari san pedro channel image overlay dan ikuti langkah dari awal sampai akhir.

Selamat bereksplorasi dengan google earth.

Jika kawan pelaut merasa artikel ini menarik juga bermanfaat, dan ingin berbagi dengan kawan-kawan lainnya lewat +1,facebook,ataupun twitter dll. Blognya perwira laut menyediakan fasilitas berbagi dibawah artikel ini silahkan klik pada tombol berbaginya. Blognya perwira laoet menulis artikel inipun dengan maksud berbagi kepada kawan-kawan.


Artikel Terkait

1 komentar:

  1. mohon informasi dan link untuk download peta laut indonesia, khusunya papua
    thanks

    BalasHapus

Next previous home
 

pilihlah salah satu

sahabat

animasi





Edited Minima Template by ERICK RAHMAN

[close]