Temukan kami di Google+

Minggu, 18 September 2011

Tugas Jaga Navigasi Dengan Google Earth

Sebenarnya artikel kali ini merupakan artikel sambungan dari artikel sebelumnya. jika kawan pelaut belom membaca artikelnya maka akan sulit mengikutinya disebabkan paralatan yang diperlukan serta pengaturan handset serta compinya ada pada artikel tersebut, jadi silahkan baca dulu disini.
Mengapa harus google earth…? mungkin itu sebagian pertanyaan yang ada di kepala kawan pelaut.
Google earth selain freeware (gratis) dan umum merupakan software pemetaan bumi yang mendukung World geodetic system 1984 (WGS 84), sedangkan GPS serta peta laut yang diterbitkan oleh UKHO dan dishidros AL  memakai sistem geodetik ini, jadi klop sudah google earth, peta dan gps. jadi posisi yang didapat pada google earth sama dengan posisi pada peta.
Berikut langkah-langkahnya
  • disini kita memanfaatkan google earth sebagai chart plotter, baca lagi artikel sebelumnya,
  • manfaatkan cache pada google earth untuk di pake offline saat berlayar nanti, untuk menyimpan cache baca disini,
  • setelah itu manfaatkan fasilitas path atau ruler pada google earth untuk membuat garis haluan, contoh gambar dibawah cara kita melukis garis haluan jika sudah selesai maka blognya perwira laoet mengatakan “happy sailing”,

Pada versi plus dan pro dari google earth mungkin kita gak perlu repot-repot lagi menggambar garis haluan jadi otomatis saja seperti pada saat kita membuat route pada  jalan didarat pada google earth versi gratisan. katanya sih gitu.
Kekurangan google earth kita gunakan sebagai chart plotter antara lain
  • Google earth merupakan citra satelit bukan peta laut yang menampilkan informasi keselamatan navigasi seperti kedalaman laut, bahaya navigasi.
  • Google earth tidak seperti program software chart plotter yang dikhususkan untuk navigasi laut sehingga banyak keterbatasannya.
Jadi sangat disarankan untuk menggunakan cara ini pada navigasi lepas pantai bukan navigasi pantai yang banyak bahaya navigasinya. serta berusaha sebisa mungkin mengikuti garis haluan (sesuai pengalaman saya sih begitu).
Sayapun berpikir jika saja  peta laut bisa digabungkan dengan google earth maka pastinya tambah asik lagi tuch sebab google earth tambah layak dipakai untuk navigasi laut, artikel selanjutnya akan membahasnya.
Saya mempunyai program chart plotter yang cocok bagi kawan pelaut pecinta gratisan seperti saya hehehehe…., nanti akan saya bahas juga pada postingan saya berikutnya.
Jika kawan pelaut merasa artikel ini bermanfaat dan ingin berbagi dengan kawan-kawan lainnya lewat +1,facebook,ataupun twitter dll. Blognya perwira laut menyediakan fasilitas berbagi dibawah artikel ini silahkan klik pada tombol berbaginya. Blognya perwira laoet menulis artikel inipun dengan maksud berbagi kepada kawan-kawan.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Next previous home
 

pilihlah salah satu

sahabat

animasi





Edited Minima Template by ERICK RAHMAN

[close]