Temukan kami di Google+

Jumat, 02 September 2011

Nokia GPS Sebagai Eksternal GPS

Blognya perwira laoet mengucapkan minal aidzin wal faaidzin, mohon maaf lahir dan batin kepada semua kaum muslimin diseluruh dunia.
Siapa yang gak kenal Nokia hp sejuta umat, yang mayoritas masyarakat indonesia menggunakannya. Pastinya kebanyakan kawan pelaut juga menggunakannya.
biasanya hp nokia keluaran terbaru segmen menengah keatas sudah dilengkapi dengan fitur GPSnya serta nokia map dan kita bebas untuk mensinkronkan dengan peta-peta dari pihak ketiga  semisal peta garmin dan google earth asal cocok dengan platformnya operasi sistem nokia, jika kita kurang puas dengan nokia map.
Berkaitan dengan judul diatas, kita bisa menjadikan hp nokia kita menjadi eksternal GPS bila kita merasa kurang puas dengan layar handset kita yang kecil sehingga kita bisa menjadikan laptop,tablet atau PDA kita sebagai chart plotter.
Tutorial ini akan memandu kawan pelaut melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk berbagi Nokia N95  built in GPS dengan laptop kawan pelaut, kebetulan hp saya nokia N95 jadul dibeli 2006 jadi hp ini yang dijadikan eksperimennya.
  • Pertama, kawan pelaut perlu untuk mendownload ExtGPS . Symarctic ExtGPS gratis untuk penggunaan pribadi, non-komersial. mungkin kawan pelaut juga memerlukan Kode Handphone di bawah ini untuk mendownloadnya langsung lewat hpnya.

  • Sekarang saya anggap kawan pelaut telah mempunyai ExtGPS yang terinstal pada hp nokia kawan pelaut, kawan pelaut dapat menemukannya dengan memilih menu -> Aplikasi -> ExtGPS . kawan pelaut akan diminta untuk memungkinkan ExtGPS untuk menggunakan aplikasi konektivitas dan memungkinkan ExtGPS untuk menggunakan data posisi. Pilih Ya untuk keduanya.

  • Ini mungkin memakan waktu sebelum GPS mulai menerima sinyal yang valid. Pastikan kawan pelaut berada di luar dan memiliki pandangan yang jelas kelangit. Ikon satelit akan berubah dari merah menjadi hijau setelah satelit berhasil di lock.

Pastikan telepon kawan pelaut dapat ditemukan melalui Bluetooth. Pilih menu -> Peralatan -> Bluetooth . Aktifkan bluetoothnya.

Jika ke-2 bluetooth telah tersambung maka tampilannya akan seperti ini.

Sedangkan untuk pengaturan pada pc Pastikan bahwa port COM ditetapkan setelah mengaktifkan bluetooth pada pc dan ExtGPS pada handset , dan juga sedikit pengaturan pada aplikasi chart plotter pc, untuk ini saya menggunakan google earth jika belom mempunyai google earth kawan pelaut dapat mendownload di sini, bukalah, Google Earth, pergilah ke tools> GPS pilih tab real time> Pastikan bahwa NMEA dipilih dan mencentang automatically follow the path,
 
Kemudian klik start tunggu beberapa detik atau menit kawan pelaut akan melihat GoogleEarth mengidentifikasi posisi kawan pelaut, lihat contoh gambar di bawah ini.
Trick ini pernah saya gunakan saat berlayar kalo lagi malas bolak-balik kekamar peta, bukan berarti saya gak pernah komparasi posisi pada GPS kamar peta bahkan saya sering komparasi posisi dengan baringan objek secara manual.
Ataupun saya pakai saat jalan-jalan lumayan sangat membantu saat berada pada daerah yang asing.
Jika kawan pelaut merasa artikel ini bermanfaat dan ingin berbagi dengan kawan-kawan lainnya lewat +1,facebook,ataupun twitter dll. Blognya perwira laut menyediakan fasilitas berbagi dibawah artikel ini silahkan klik pada tombol berbaginya. Blognya perwira laoet menulis artikel inipun dengan maksud berbagi kepada kawan-kawan.

Artikel Terkait

1 komentar:

Next previous home
 

pilihlah salah satu

sahabat

animasi





Edited Minima Template by ERICK RAHMAN

[close]