Temukan kami di Google+

Sabtu, 09 Juli 2011

Sailing Plan (excel file) Info Update.

 

Pada postingan saya terdahulu yaitu pada postingan yang ini, saya membahas tentang bagaimana mengerjakan sailing plan langsung dari jendela blog saya ketika kita sedang online. maka pada postingan kali ini saya mau berbagi file excelnya secara gratis untuk kawan pelaut.

Dikarenakan satu dan lain hal yaitu rusaknya formula  pada program excel tersebut entah sengaja ataupun tak sengaja telah dirusak. membuat saya harus beberapa kali menghapusnya dan menguploadnya kembali hingga saya harus menutup fasilitas berbaginya, walau masih bisa mengaksesnya tapi kawan-kawan tak bisa lagi mengeditnya. Hal itulah yang melandasi pertimbangan saya. Maaf atas ketidak nyamanan ini.

Tapi kawan pelaut masih bisa untuk mendownloadnya dari server saya disini atau pada google document. Jika  blom bisa untuk mendownloadnya kawan pelaut harus bersabar, itu karena kemungkinan server saya lagi idle atau gak aktif.

Cara menggunakannya saya rasa kawan pelaut semua pasti bisa menggunakannya pada komputer kawan pelaut, karena file ini berbasis program excel yang saya yakin kawan pelaut semua mahir menggunakannya.

Jika ada yang belom mengerti caranya maka kawan pelaut bisa mengunjungi postingan saya tentang membuat sailing plan online karena pada dasarnya sama, bedanya jika pada postingan saya tersebut kawan pelaut bisa langsung mengerjakannya dari jendela blog saya tentunya harus terkoneksi dengan jaringan internet.

Sedangkan untuk mengerjakannya pada komputer kawan pelaut, tentunya kawan pelaut harus mendownloadnya terlebih dahulu serta menyimpan filenya pada folder komputer kawan pelaut.

Sekilas cara menggunakannya saya tentunya dengan gambar.

Arahkan kursor mouse kawan pelaut disebelah kiri – bawah layar klik pada sheet yang dilingkari merah sailing plan, nanti framenya akan seperti gambar dibawah ini.

  

Pada daerah yang saya lingkari biru seperti gambar diatas harus diisi data-data kapal seperti nomor waypoint, waypoint description (keterangan/lokasi dari waypoint),lintang (latitude),dan bujur (longitude) dan data- data lainnya. Form tersebut harus diisi oleh karena data tersebut diperlukan oleh program excel untuk diolah, sedangkan daerah yang dilingkari hijau adalah nilai hasil olah excel.

jika telah mengisi data-datanya maka kawan pelaut tinggal mencetak dari printernya, dan yang paling penting kawan pelaut  harus merubah nama master diatas dengan masternya / captennya kawan pelaut biar gak kena semprot serta dijewer. kwkwk... ingat hanya tabel berwarnya saja yang harus diisi oleh kawan pelaut, lainya adalah tabel hasil olah excel.

Untuk penjelasan lengkapnya bagaimana mengisi formnya klik pada sheet di sebelahnya (how to fill the form).

Nantikan postingan-postingan saya berikutnya, jaya pelaut merah putih.

Jika kawan pelaut merasa artikel ini menarik dan ingin berbagi dengan kawan-kawan lainnya lewat +1,facebook,ataupun twitter dll. Blognya perwira laut menyediakan fasilitas berbagi dibawah artikel ini silahkan klik pada tombol berbaginya. Blognya perwira laoet menulis artikel inipun dengan maksud berbagi kepada kawan-kawan.

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. Mantap...cuma syg gk bisa download lansung.

    BalasHapus
  2. Maaf om,, mau nanya niy
    Ada gak software auto route untuk passage plan
    jd maksud nya gini om, kita tinggal masukin nama port departure sama pořt arrival nya trus way point nya akan keluar secara otomatis, kita tinggal edit2 aja gitu om
    Makasih niy om

    BalasHapus

Next previous home
 

pilihlah salah satu

Edited Minima Template by ERICK RAHMAN

[close]