Temukan kami di Google+

Selasa, 29 Juni 2010

Membuat Sailing Plan Online

sp pict1

Bagi teman-teman pelaut khususnya mualim II/ second officer yang mempunyai  tanggung jawab tentang navigasi pastinya tidak asing dengan  yang namanya sailing plan, routing plan,passage plan, atau apalah namanya yang sejenis itu. saya mempunyai program microsoft excel yang dapat membantu pekerjaan teman – teman pelaut  yang saya sudah upload ke gudang dokumennya mbah google.

Disitu teman – teman hanya tinggal memasukkan data – data kapal,seperti pelabuhan tolak dan tiba, waypoint, nomor peta  serta navigation publication book.

Baiklah kita langsung saja lagian kapan selesai kerjaan kawan – kawan nich kalau saya ngajak mutar - mutarnya kejauhan.


Kawan-kawan pelaut bisa langsung mengeditnya lewat screen diatas dari jendela blog saya ini jika layarnya kurang GEDE / kurang besar kawan pelaut dapat langsung mengeditnya langsung pada gudang dokumennya mbah google klik disini biar tambah GEDE.

Bingung ya, gak usah bingung…. nich saya arahkan sedikit untuk dapat langsung mengeditnya.

sp pict4

Pada frame diatas arahkan kursor mouse kawan pelaut disebelah kiri – bawah layar bowsernya klik pada  sailing plan, nanti framenya akan seperti gambar dibawah ini.

sp pict1 sp pict2

Pada daerah berwarna kuning seperti gambar diatas harus diisi data-data kapal seperti nomor waypoint, waypoint description (keterangan/lokasi dari waypoint),lintang (latitude),dan bujur (longitude).form tersebut harus diisi oleh karena data tersebut diperlukan oleh program excel untuk diolah.

Dan jangan lupa juga mengisi form dibawahnya seperti pada gambar dibawah ini.

sp pict3

Setelah itu kawan pelaut tinggal mencetak dari printernya, dan yang paling penting kawan pelaut  harus merubah nama master diatas dengan masternya / captennya kawan pelaut biar gak kena semprot serta dijewer. kwkwk... ingat hanya tabel berwarnya saja yang harus diisi oleh kawan pelaut, lainya adalah tabel hasil olah excel.

kawan pelaut bisa mendownload  file excel diatas langsung dari mbah google atau lewat server saya.klo mau lewat server saya klik disini,  tapi sebelumnya kawan pelaut harus  menghubungi saya lewat email diatas, ini di karenakan saya gak mungkin online 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 30 hari sebulan dan 12 bulan setahun alias gak mungkin online setiap hari.

Biar lancar baca dulu cara downloadnya di sini

Bagi mbah-mbah / dedenkot/ para hacker dunia maya saya berharap agar tidak melakukan perubahan-perubahan pada source formula dari program excel diatas.saya memposting artikel ini hanya sekedar sharing khususnya pada kawan-kawan komunitas pelaut  dan masyarakat dunia maya pada umumnya.

nantikan postingan-postingan saya berikutnya, jaya pelaut merah putih.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Next previous home
 

pilihlah salah satu

Edited Minima Template by ERICK RAHMAN

[close]