Temukan kami di Google+

Senin, 01 Agustus 2011

Memantau Kapal di Seluruh Dunia

Marhaban yaa ramadhan, blog perwira laoet mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga pada bulan penuh berkah kita bisa meningkatkan amal baik kita.

Kawan pelaut pasti sudah familiar dengan namanya AIS, yaitu suatu alat bantu navigasi yang dapat memantau lalulintas kapal-kapal disekitar kapal kita dengan jarak jangkau VHF.sekarang kita bisa memantau kapal-kapal bukan hanya di sekitar kapal kita dengan jangkauan VHF tapi di seluruh dunia oleh karena jangkauannya seluruh dunia maka jaringan internetlah jalannya, oleh karena itu untuk kawan pelaut yang ingin mengaksesnya tentunya kawan pelaut harus online.

Marinetraffic.com adalah layanan monitoring lalulintas kapal-kapal di seluruh dunia melalui internet. sekilas dibawah adalah  display browser ketika kawan pelaut membuka website marine traffic.

Peta traffic di tandai oleh peta area yang diwarnai hijau dan di beri angka, sebagai contoh saya ingin memonitor lalulintas di selat malaka maka saya klik pada peta no 788 maka displaynya akan seperti di bawah.

Kapal-kapal di tandai dengan ikon segi tiga berwarna misalnya untuk kapal tangker warna merah,kapal kargo warna hijau dan bla bla bla.dan ikon belah ketupat untuk kapal-kapal yang sedang berlabuh atau sandar juga untuk bouy (penanda navigasi) yang dilengkapi oleh AIS.

Pilihlah salah satu kapal dengan mengklik ikonnya. contoh saat itu saya kebetulan memilih MT. GRIYA ASMAT.

display gambar diatas yaitu display sesaat setelah saya mengklik ikon. pada balon popup berisikan ringkasan informasi dari kapal lengkap dengan fotonya cuma sayangnya griya asmat belom mengupload fotonya.jika ada crew griya asmat yang nyasar keblog ini anda bisa menambahkan foto dari MT. GRIYA ASMAT dengan mengklik (upload a photo). juga kawan pelaut bisa melihat informasi detail dari kapal pada (vessel’s details). dan jika kawan pelaut ingin mengetahui track kapal klik pada (show vessel’s track) berikut displaynya.

Pada tab sevice marine traffic juga menawarkan banyak pilihan diantaranya

  • kawan pelaut dapat menampilkan peta dari marine traffic pada website atau blognya kawan pelaut.
  • applikasi untuk iphone dan android.
  • KML link untuk digunakan pada google earth, yang pasti sebelumnya google earth sudah terinstall pada kompinya kawan pelaut, link KMLnya yang sebesar 1.3kb bisa kawan pelaut download langsung dari blognya perwira laoet lengkap dengan ikon blognya perwira laoet, jadi jangan heran kalau ikonnya nongol pas dibuka.
  • dan lain-lain.

kawan pelaut bisa mendownload versi terbaru google earthnya di sini,

Asiknya mengakses marine traffic lewat google earth lebih cepat tanpa batasan dari halaman peta, karena kita bisa memaksimalkan cache dari google earth sehingga aksesnya lebih cepat.

Oh iya, marine traffic ini saya pikir sangat berguna juga bagi perusahaan-perusahaan pelayaran untuk memonitor armadanya, masih ingat kan postingan saya yang lama.

Sebenarnya sayapun belom mengeksplornya lebih dalam jika ada kawan pelaut yang sudah mengeksplornya maka kawan pelaut bisa berbagi dengan berkomentar pada blog saya.

Jika kawan pelaut merasa artikel ini bermanfaat dan ingin berbagi dengan kawan-kawan lainnya lewat +1,facebook,ataupun twitter dll. Blognya perwira laut menyediakan fasilitas berbagi dibawah artikel ini silahkan klik pada tombol berbaginya. Blognya perwira laoet menulis artikel inipun dengan maksud berbagi kepada kawan-kawan.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Next previous home
 

pilihlah salah satu

sahabat

animasi





Edited Minima Template by ERICK RAHMAN

[close]