Temukan kami di Google+

Kamis, 07 April 2011

SHIPS STABILITY CALCULATION (EXCEL FILE)

Technorati Tags: ,

s1

Seperti janji saya kemarin pada postingan sebelumnya bahwa saya akan membahas tentang perhitungan stabilitas kapal, kawan pelaut sebagai nakhoda ataupun officer diatas kapal sangatlah penting mengetahui stabilitas kapal dari kapal kawan pelaut mengingat selain jiwa manusia yang dipertaruhkan banyak kerugian lainnya yang dampaknya sangat besar seperti kerugian financial serta dampak bagi lingkungan. Oh iya stabilitas kapal penting juga dipahami oleh petugas syahbandar sebagai otoritas suatu pelabuhan, jadi stabilitas kapal bukan hanya penting untuk nahkoda atau officer saja.

Disini saya sepertinya gak perlu menjelaskan pajang lebar mengenai pentingnya pengetahuan tentang stabilitas kapal, saya yakin kawan pelaut semua tahu semua jika tidak kawan pelaut buka lagi buku- buku usangnya. Hehehehehehehehe……

Saya mempunyai suatu program excel yang saya buat untuk memudahkan pekerjaan saya dan saya mau berbagi lewat blog saya yang kumuh ini.


Sebenarnya untuk membuatnya sangatlah mudah, kita hanya menerapkan semua rumus yang kita dapat dari sekolah lalu sedikit pengetahuan tentang excel, sayapun awalnya coba - coba karena sebelumnya saya gak pernah mengikuti kursus computer. Karena keingintahuan saya yang besar akan computer, sayapun membeli komputer saat punya rezeki sedikit. Sejak saat itulah saya belajar computer secara otodidak. Apalagi setelah mengenal yang namanya internet serta berkenalan sama mbah google apapun terasa mudah karena apapun pertanyaan yang ada di kepala pasti bisa dijawab sama mbah google. Sepertinya OOT ya (out of topic) alias ngelantur, untung saja gak sampai OON.hahahahahaha……kwkwkwkwkwk

Back to topic

Seperti postingan sebelumnya kawan pelaut harus menyesuaikan data di file sesuai dengan data kapal kawan pelaut karena data pada file ini adalah data kapal MV. UNIPAC 3 (ex kapal saya), saya off karena satu dan lain hal. makanya postingan ini terbitnya agak lebih cepat.

Untuk merubah data – datanya sama seperti postingan sebelumnya hanya ada penambahan satu table yaitu “STATICAL STABILITY TABLE” sesuaikanlah table tersebut sesuai dengan table kapal kawan pelaut.

Untuk lebih jelasnya saya jelaskan secara singkat dengan gambar.

Klik pada sheet hydrostatic & cross table sehingga tampilannya akan seperti ini

s2

Jika pada postingan kemarin saya katakan hiraukan table sebelah kanan maka pada postingan ini kawan pelaut harus menyesuaikannya dengan data - data kapal kawan pelaut.

Sedangkan untuk sheet stability calculation kawan pelaut harus menyesuaikannya dengan data particular kapal kawan pelaut seperti yang saya lingkari biru pada gambar dibawah ini.

s3

Untuk gambar dibawah yang saya lingkari biru nilai – nilai dari (weight, VCG, LCG, serta nilai dari FSE) kawan pelaut harus menyesuaikannya dengan data obervasi saat itu, sedangkan nilai dari Vertical moment dan Long moment adalah hasil kalkulasi dari weight,VCG, dan LCG.

s4

Setelah menyesuaikan data –data di atas pekerjaan kawan pelaut dah selesai. Kawan pelaut bisa mendapat informasi data–data tentang stabilitas kapal, trim, draft, dll ditengah dari sheet seperti gambar di bawah yang saya lingkari biru.

s7

Kurva disebelah kanan dari sheet adalah kurva GZ untuk masing – masing kemiringan pada displacement kapal saat itu seperti gambar dibawah ini.

s8

Dengan adanya ini pekerjaan saya di kapal terasa mudah contohnya :

  • Saat pembuatan stowage plan untuk muatan yang berbeda nilai SFnya antara satu dengan yang lain terasa mudah karena kita bisa merancangnya disini dulu sebelum kita lukis pada kanvas stowage plan.
  • Dengan argument draft saja kita bisa memperkirakan berapa ton muatan yang telah di muat atau di bongkar dengan nilai yang mendekati, untuk yang ini kita harus menyesuaikan input formula pada sel berwarna biru dan kuning serta koreksi hogging atau saging dari kapal.

Serta masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Stability calculation ini bisa diterapkan di semua type kapal contoh diatas adalah contoh perhitungan untuk kapal general cargo, misal

  • Untuk kapal tanker kawan pelaut harus menambah kolom FSE pada item Cargo dikarenakan sifat dari muatannya.
  • Untuk kapal container kawan pelaut mungkin harus membuat daftar yang panjang pada item cargo dikarenakan dimensi ukuran dan berat pada masing –masing container yang mungkin berbeda.

Ok bro…..

Mungkin penjelasan saya kurang jelas kawan pelaut bisa beri koment di bawah, atau lewat contact me lewat email atau lewat form document begitu juga jika kawan pelaut ingin mendapatkan program excelnya, dan jangan lupa klik disini.

Baca juga disini tata caranya.

Atau malah ada penjelasan saya yang salah, kalau ada yang salah mohon koreksinya serta dipahami.

File excel ini hanya bisa digunakan untuk sister ships dari unipac 3, jika diterapkan untuk kapal yang berbeda maka butuh banyak penyesuaian.

UP DATE 12-09-2012

Sekarang saya telah membuat perhitungan stabilitas excel yang bisa diterapkan untuk semua kapal untuk itu baca postingan saya berikut.

Jika kawan pelaut merasa artikel ini bermanfaat dan ingin berbagi dengan kawan-kawan lainnya lewat +1,facebook,ataupun twitter dll. Blognya perwira laut menyediakan fasilitas berbagi dibawah artikel ini silahkan klik pada tombol berbaginya. Blognya perwira laoet menulis artikel inipun dengan maksud berbagi kepada kawan-kawan.

Tetap Jaya pelaut Indonesia.

Artikel Terkait

51 komentar:

  1. artikel dan softwarenya sangat berguna untuk dipelajari dan diterapkan dalam pekerjaan terutama untuk industri maritim di Indonesia.

    BalasHapus
  2. saya tak bisa download format excelnya, boleh sharing ke saya. Thanks

    BalasHapus
  3. saya tak bisa download format excelnya, boleh sharing ke saya. Thanks

    BalasHapus
  4. maaf kawan-kawan blom bisa mendapatkan file excelnya disebabkan file ini khusus untuk ex kapal saya (MV.unipac 3)untuk diterapkan pada masing-masing kapal butuh banyak penyesuaian untuk itu tunggulah postingan saya selanjutnya.
    sekarang proyek file excel yang bisa digunakan untuk semua kapal sedang dibuat tinggal finishingnya insyaALLAH bulan depan dah nongol diblog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. My name is kartheek, doing my master's in renewable energy wind energy. The important thing is that I have been facing problems for calculating the righting arm and heeling moment of a rectangular barge(dimensions L, B, H is 60,40,20) with a draft of 10 Meters . I have seen few calculations in the web but still i'm unable to figure it out. It would be great if you could explain me little bit more in detail if you know. Calculating this stuff is more crucial part in my Master thesis.
      Thanks in advance
      here is my email address (karthikreddy.bolla@yahoo.com)

      Hapus
    2. I would like to answer your question M.Bolla
      Unfortunately I am still studying chapter 6 from this book
      http://seaworm.narod.ru/2/Stab1.pdf
      Learn it, I am sure there is answer from your Question
      Bye

      Hapus
  5. hari ini saya telah mengirim paket excel ke beberapa kawan pelaut yang telah bergabung, untuk selanjutnya akan dikirim lagi jika telah memenuhi kuota

    BalasHapus
  6. Hello,
    Can anyone help me out in calculating the righting arm and heeling moment curves of a rectangular barge. I was been spending so much time on it but i couldn't manage to find the correct results. If any of you knew it or done it in their past please do let me know.
    thanx in advance
    Karthikreddy.bolla@yahoo.com

    BalasHapus
  7. mas, bisa bantu cara menentukan LCG pada kapal? maklum masih pemula tentang kapal hehe

    BalasHapus
  8. Semoga Pengetahuan Agan bertambah, terima kasih atas Postingannya.

    BalasHapus
  9. mohon maaf sebelumnya, perhitungan ini menggunakan rumusnya siapa ya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumus yang saya pakai sesuai yang saya palajari di akademi dan saya olah dengan excel untuk mempermudah pekerjaan saya. makasih telah berkunjung

      Hapus
  10. mas boleh saya minta file excel untuk ship's stability and draft survey calculation
    inie email saya : majidjie@gmail.com
    thanks sebelumx mas

    BalasHapus
  11. Boleh dong ndan minta calculasi untuk stability n draft surveynya
    Email ane gama.mail89@gmail.com

    BalasHapus
  12. Terima kasih Gan atas ilmu-nya
    Benar-benar bermanfaat...
    Ogut minta Stability Calculation Excel-nya ya Gan.
    e-mail Ogut : nov2ri@gmail.com

    BalasHapus
  13. Masbroo...tolong di kirimkan kalkulasi stability sm trimnya. Trima kasih sebelumnya
    email : dayonea@gmail.com

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Mantepp postingnya bro...boleh minta tolong kirim ke rudolfmamahit@yahoo.com untuk rumus excellnya. Makasih bro and sukses selalu...

    BalasHapus
  16. Masbro, minta tolong kirim ke ikhsan.tabrani@gmail.com saya sangat membutuhkannya.
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  17. Mas...!
    Tolong dikirimkan ke email saya maslah perhitungan stabilitas kapalnya sekaligus yang ada di Microsoft Excel,berhubung tidak bisa sebagian saya buka,terima kasih...!
    Email:meykelgts@gmail.com

    BalasHapus
  18. Mas tnlng bantu sy ni sy susah sekali untuk memahami nya mslh hitung-hitungan nya sy tlng d email ke tmpt sy kpl sy work boat ,trs grt / nt nya : 1199 / 359 ada tdk table nya bekas kpl nya sebelum atau ada tdk bekas hitungan nya mas,ini alamt email sy ( ferry.anthonie@yahoo.com),terima kasih...

    BalasHapus
  19. Mas tnlng bantu sy ni sy susah sekali untuk memahami nya mslh hitung-hitungan nya sy tlng d email ke tmpt sy kpl sy work boat ,trs grt / nt nya : 1199 / 359 ada tdk table nya bekas kpl nya sebelum atau ada tdk bekas hitungan nya mas,ini alamt email sy ( ferry.anthonie@yahoo.com),terima kasih...

    BalasHapus
  20. Slmt malam mas,.. saya mohon bantuannya.. kalau diperkenankan dapat dikirim di email saya erlon24081993@gmail.com
    Trima kasih sebelumnya mas..

    BalasHapus
  21. Bole kirim mas ke email saya mas karena sangat berguna.
    Ke email
    Riady.cool@gmail.com

    Terimakasih

    BalasHapus
  22. Selamat siang mas saya sangat tertarik mohon dishare excel sheetnya ke email saya wira.granata@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  23. Slmt siang mas,.. saya mohon bantuannya.. kalau diperkenankan mnta tlg dikirim di email djoehrt@gmail.com,trims

    BalasHapus
  24. selamat malam sangat bermaanfaat sekali stabilitas pada kapal karena kapal memang mempunyai perlakuan khusus tehadap alam ketika berlaut, apalagi dengan keadaan dan cuaca dilaut yg beda dengan daratan
    apabila berkenan tolong dikirim file nya untuk saya gunankan mengerjakan Tugas Akhir saya vickypratama155@gmail.com

    BalasHapus
  25. Kindly send you ship stability program to my paulyong1969@gmail.com thanks for you help

    BalasHapus
  26. Kindly send ship stability program to my paulyong1969.py@gmail.com
    thanks for you help

    BalasHapus
  27. mas boleh saya minta file excel untuk ship's stability and draft survey calculation
    ini email saya : setyosalam29@gmail.com
    Terima kasih mas..
    Ilmu ini pasti sangat membantu untuk mempermudah pekerjaan...

    BalasHapus
  28. selamat pagi mas..minta tolong boleh saya minta file excel untuk ship's stability and draft survey calculation
    ini email saya : rohendbiancho@gmail.com
    Terima kasih..
    insyallah ilmu nya bermanfaat..

    BalasHapus
  29. selamat pagi brother bisa minta sample rumus xl nya tolong kirim ke eriyanto110@yahoo.com .terimaksih

    BalasHapus
  30. Masbroo...tolong di kirimkan kalkulasi stability sm trimnya. Trima kasih sebelumnya
    email : paulyong69@gmail.com

    BalasHapus
  31. Hi.Could you provide stability calculation of ship with me ?Thank in advance.
    My email adreses: a.baha@hotmail.com

    BalasHapus
  32. Selamat pagi brother, tolong kirimkan formula exel stability calculation nya. Saya sangat membutuhkannya. Dan saya sangat berterima kasih apabila bersedia mengirimkannya. Email saya: andikonjo89@gmail.com

    BalasHapus
  33. terima kasih atas pengetahuan ilmu baru tentang stabilitas kapal yg diperoleh, sangat bagus dan mempermudah utk work at ship..boleh minta formula excel stability nya mas di email saya vaninsya82@gmail.com..

    BalasHapus
  34. How to dowload sir? Thank you for good excel please to harith.detbun@gmail.com thank you sir.

    BalasHapus
  35. Boleh minta file stability nya bg...please to zulkhifli.naval09@gmail.com

    BalasHapus
  36. boleh minta file excel nya capt?
    sulbaharsbs@gmail.com

    BalasHapus
  37. please send cross curve stability excel sheet

    BalasHapus
  38. please send cross curve stability excel sheet
    satish005@gmail.com
    thank you

    BalasHapus
  39. boleh saya minta file nya kamiljulius6@gmail.com

    BalasHapus

  40. Mas...!
    Tolong dikirimkan ke email saya maslah perhitungan stabilitas kapalnya sekaligus yang ada di Microsoft Excel,berhubung tidak bisa sebagian saya buka,terima kasih...!
    Email:engineering.yusuf@gmail.com

    BalasHapus
  41. sir,
    could you send to me this file for study?
    my email "vuongquoccuong721982@gmail.com"

    BalasHapus

Next previous home
 

pilihlah salah satu

Edited Minima Template by ERICK RAHMAN

[close]