Temukan kami di Google+

Senin, 07 Maret 2011

DRAUGHT SURVEY CALCULATE (EXCEL FILE)

Dah lama juga ya gak menjamah blogku yang satu ini, soalnya lagi sibuk kerja maklum biar dapur tetap ngebul. Skrg ane kerja di kapal dalam biar tetap dekat sama istri & anak.apalagi sama anak, paling gak tega kalau di tinggal.

Loh kok malah curhat ya.

Sesuai tema di atas pastinya berkaitan dengan kerjaan ane dikapal kebetulan ane jadi chief officer di situ, dan kapalnya sering mengangkut muatan curah jadi perhitungan muatannya yaitu dengan draught survey. setelah sekian lama keliling-keliling tujuh keliling akhirnya selesai juga draft survey calculate yang ane buat sendiri dengan bantuan program Microsoft excel (thank’s to Microsoft excel you are very helpfully).

Emang sih agak lama sekitar 3 bulanan karena kerjaan ane dikapal juga kan buanyak, yang bikin tambah lama lagi stability book di kapal dalam bentuk diagram/curva belum dalam bentuk table atau belum disertai table, itu dia yang bikin pusiiiinnng@#$%*@$ merubahnya dari curva menjadi table maklum kapalnya sudah tergolong tua. Oh iya satu lagi yang bikin pusing yaitu bongkar pasang rumus pada program excel. Tapi itulah tantangannya dan itu membutuhkan perjuangan, setelah itu kita tinggal menikmati hasilnya yaitu pekerjaan kita terasa mudah.

Draft survey calculate yang saya buat ini bisa di adu dengan software- software seperti maritime software suit atau marine office bahkan tingkat akurasinya jauh diatas mereka saya pernah coba dengan marine office perbedaannya bisa sampai ±6-7 tons emang sih nilainya masih di bawah toleransi, lebih akurat program excel yang saya buat sendiri. Dengan nilai dari surveyor pun gak jauh, bedanya hanya nilai digit di belakang koma, itu dikarenakan biasanya surveyor menghitung sebatas 3 angka di belakang koma, sedangkan program excel menghitung hingga angka tak terhingga di belakang koma.

Gimana tertarik ???

Kalau tertarik dilanjut bacanya…..

Cara kerjanya program excel yang saya buat ± sama dengan software marine office atau software-software lainnya kita tinggal memasukkan nilai draft observasi, dan nilai-nilai deduct di kapal dan setelah itu horeeee nilainya langsung dapat.

Nih sekilas saya jelaskan dengan gambar

Isilah dari kolom berwarna yang saya lingkari biru seperti gambar dibawah ini

ds1 ds2

Jangan lupa koreksi jarak draft dari pendicular

ds3

Sim salabim abrakadabra, kita langsung mendapatkan hasilnya. Contoh hasilnya pada gambar no2 bagian bawah.

Selesai sudah kerja kita, gampang kan.

Jika kawan pelaut ingin mendownload file excelnya baca dulu bagaimana mendownloadnya disini kawan pelaut bisa mendapatkannya dari server pribadi saya disini tapi mohon dikonfirmasi dulu kesaya lewat email soalnya server saya tidak mungkin aktif 24 jam sehari 7 hari seminggu dan blablablabla…. Biar saya aktifin dulu servernya setelah itu kawan pelaut sedot dech semuanya. Ok bro

Satu lagi setelah kawan pelaut mendownloadnya kawan pelaut harus menyasuaikan data-data pada file excel tersebut sesuai dengan data-data kapal kawan pelaut karena data-data pada file tersebut adalah data kapal MV. UNIPAC3.

Data-data yang harus disesuaikan seperti :

  • · nilai dari Lbp kapal
  • · Nilai light ships kapal
  • · Table hydrostatic kapal
  • · Koreksi draft (jika ada)

Untuk table hydrostatic kawan pelaut harus mengganti sheet hydrostatic table pada file tersebut dengan table hydrostatic kapal kawan pelaut.

Bingung…… biar jelas saya jelaskan dengan gambar agar lebih mudah dicerna.

ds4

Klik pada sheet hydrostatic table yang saya tunjuk dengan panah merah sehingga tampilannya akan seperti ini

ds5

Ini table hydrostatic MV. UNIPAC 3 gantilah dengan table hydrostatic kawan pelaut.

Kawan pelaut harus mengisi table sesuai kolom, misal nilai displacement di isi pada kolom displacement dan seterusnya.

Kawan pelaut gak usah menghiraukan tabel stabilitas statis di sebelah karena tabel tersebut gak ada hubungannya dengan perhitungan draft survey tabel tersebut berhubungan dengan perhitungan stabilitas kapal untuk itu tunggulah postingan saya berikutnya.

Capek juga ngetiknya sampe pegal nich jari sama otak.

==================================================

DIKARENAKAN SUDAH ADA FILE EXCEL UNTUK DRAFT SURVEY CALCULATION YANG SUDAH LEBIH DISEMPURNAKAN, MAKA SELANJUTNYA KAWAN PELAUT AKAN MENDAPATKAN FILE YANG TERBARU. SILAHKAN BACA ARTIKELNYA DISINI.

==================================================

Jika kawan pelaut merasa artikel ini menarik dan ingin berbagi dengan kawan-kawan lainnya lewat +1,facebook,ataupun twitter dll. Blognya perwira laut menyediakan fasilitas berbagi dibawah artikel ini silahkan klik pada tombol berbaginya. Blognya perwira laoet menulis artikel inipun dengan maksud berbagi kepada kawan-kawan.

Semoga pelaut merah putih tetap jaya.


    Artikel Terkait

    80 komentar:

    1. FREND BISA MINTA SOFWARENYA NDAK KIRIM KE EMAIL AKU YA suparman_rombe@yahoo.com... PLEASE... LAGI BUTUH NIE... THANK'Z BEFORE....

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mintak sofware nya dong om, kirim ke email putralibra220210@gmail.com, thanks...

        Hapus
    2. bos minta softwarenya donk....
      saya butuh banget neh bos...
      tolng d kirim ke email saya, ichank_86@yahoo.com

      makasih bos....!!!!

      BalasHapus
    3. mohon maaf jika sobat untuk sementara tidak bisa mendownload dari server saya karena lagi gangguan tapi bro bro semua bisa mendownloadnya di sini pada google document karena saya sudah upload disitu.
      sekedar catatan kecil untuk mendownloadnya
      klik pada file/berkas dan plih unduh sebagai/download as, terserah kebutuhan sobat type filenya mau di download.
      untuk aplikasinya pada kapal sobat silahkan kunjungi blog saya lagi
      jika ada pertanyaan sob bisa email saya atau kita diskusi lewat blog saya.
      makasih telah berkunjung.
      dan jangan lupa tiap berkunjung agar meninggalkan comment untuk perbaikan blog saya kedepan.

      BalasHapus
    4. sementara saya tutup dulu ya.fasilitas berbaginya pada gudang dokumennya mbah google untuk menjamin program excelnya tidak dirusak (kemarin ada kawan yang minta saya lupa untuk menutupnya).
      karena kawan pelaut jika sudah masuk kawan pelaut bisa mengeditnya langsung dari sistem, sengaja ataupun tak sengaja kawan pelaut bisa merubah formulanya.kasihan dong sama kawan2 lain yang mau download.
      jika mau download konfirmasi dulu kesaya lewat email, buku tamu, atau kasih komen pada posting ini atau berkomentar pada sosial bar di bawah.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kak minta software nya dong. Kirim email saya nico.ferdiansyah60@gmail.com. makasih

        Hapus
    5. Mas Rigel Minta tolong software Draugh Surveynya di kirim lwt email saya imranradi2007@yahoo.co.id
      Terima kasih sebelumnya Mas.

      BalasHapus
    6. pak Rigel,kalo boleh saya minta tolong di email kan jg dong software draft survey nya ke boimtneep@yahoo.com
      thanks before..

      BalasHapus
    7. Ass, saya sngat tertarik dngn draft survey. saya sngat berterimah kasih klau sudih mengirimi k emai sya: ahar_99aipi@yahoo.com

      makasih sebelumnya.

      Ashar

      BalasHapus
    8. boleh juga kawa pelaut kita ini, saya juga punya kita bisa saling share, terima kasih

      BalasHapus
    9. @draftsurveysoftware.com
      kembali kasih, blog ini terbuka bagi siapa saja. termasuk anda. saya sangat terbuka atas masukan-masukan dari kawan pelaut, jadi silahkan kawan pelaut berkomentar pada kotak komentar, pada buku tamu, pada sosial bar dibawah (bagi kawan pelaut yang sudah bergabung pada blog saya), atau mengirim email kesaya.

      BalasHapus
    10. Ass... Mas riegel... terimakasih ilmunya.... namun bisa gak email ke saya software draught survenya bos..... tolong di email ke: syahrir168@gmail.com... terimakasih sebelumnya...
      syahrir.

      BalasHapus
    11. @M.syahrir,SE :waalaikumsallam, apakah anda sudah membaca bagaimana cara mendownloadnya di sini

      BalasHapus
    12. file draught survey excel sudah dikirim oleh blognya perwira laoet kebeberapa kawan pelaut yang sudah menjalin pertemanan dengan blognya perwira laoet melalui google friend connect semoga bermanfaat dan bisa membantu meringankan pekerjaan kawan pelaut.

      bagi kawan-kawan pelaut yang ingin mendapatkan file excelnya langsung lewat email maka silahkan mengikuti blog saya terlebih dahulu dengan mengklik join or sign in pada bar google friend connect dibawah.

      BalasHapus
    13. Selamat siang pak Rigel, saya Kurniawan dari Banjarmasin. saya sengat tertarik program Draught Survey yg bapak buat. Dapatkah saya di bagi program tersebut? saya sangat berterimakasih dengan bapak dapat berbagi ilmu kepada saya.
      email saya: kurniawanrupock@gmail.com
      Terimakasih pak Rigel. Salam

      BalasHapus
    14. kemarin... telah dikirim kebeberapa kawan pelaut yang minta file excelnya.cek pada email masing-masing.
      @kurniawan rupock: sudah dikirim bos di cek saja

      BalasHapus
    15. wah bgs bgt tuh...klo boleh saya minta jg
      email: nandar.kingkong@yahoo.co.id..tks bung

      BalasHapus
    16. jarang2 lho ada yg mw brbgi sprti ini...sy salut bung, itung2 dpt mmbtu dlm mghtg jd g pk kalkulator lg hehehhehe...ato ksn jg blh deh...by nandar samarinda. ( nandarsetiawan5@gmail.com ) tanks.

      BalasHapus
    17. Gan..makasih atas infonya..
      Sy lg butuh neh gan,bisa minta gak,tolong emailkan k "nandar_bahri@yahoo.co.id"
      Thanks gan..

      BalasHapus
    18. MAs rigel, saya sangat butuh software tersebut. mohon dikirim ke email saya.
      syachf@gmail.com

      BalasHapus
    19. Hallo Mas Rigel,
      Saya butuh bgt dgn softwarenya,mohon kirim ke email saya.thanks
      salomonbacas@gmail.com

      BalasHapus
    20. Mas bro, bisa dikirimkan programnya ke emailku muhammad.arpan@gmail.com saya baru saja bergabung di dunia maritim mau belajar lebih lanjut. terimakasih banyak

      BalasHapus
    21. Selamat siang pak Rigel, saya rhoma dari sulawesi. saya sengat tertarik program Draught Survey yg bapak buat. Dapatkah saya di bagi program tersebut? saya sangat berterimakasih dengan bapak dapat berbagi ilmu kepada saya.
      email saya: rhomamajid@gmail.com
      Terimakasih pak Rigel. Salam

      BalasHapus
    22. Selamat siang pak Rigel, saya rhoma dari sulawesi. saya sengat tertarik program Draught Survey yg bapak buat. Dapatkah saya di bagi program tersebut? saya sangat berterimakasih dengan bapak dapat berbagi ilmu kepada saya.
      email saya: rhomamajid@gmail.com
      Terimakasih pak Rigel. Salam

      BalasHapus
    23. selamat pagi pak Rigel,sya sangat tertarik dgn. program bapak karena sangat membantu sesama pelaut merah putih dan saya ingin mau belajar, kiranya pak Rigel dapat membagi via e.mail
      terima kasih sebelumnya, salam hormat
      e.mail : eksankaketing277@gmail.com

      BalasHapus
    24. hari ini saya telah mengirim paket excel ke beberapa kawan pelaut yang telah bergabung, untuk selanjutnya akan dikirim lagi jika telah memenuhi kuota

      BalasHapus
    25. pak...kira nya mau kirim k email saya,andhieariandhie@gmail.com program excel untuk draft survey.
      mksh.

      BalasHapus
      Balasan
      1. yups rencananya hari ini saya akan mengirim file excelnya kepada anda dan beberapa kawan lainnya walau belom cukup kuotanya dikarenakan ntar malam saya mau flight untuk kerja biar dapurnya tetap ngebul, dan juga disana saya blom tentu dapat mengirimnya.
        ditunggu saja bro.

        Hapus
      2. Pak maaf bisa mintak file nya pak

        Hapus
    26. Selamat malam pak Rigel, saya alan dari lamongan jawa timur. saya sengat tertarik program Draught Survey yg bapak buat. Dapatkah saya di bagi program tersebut? saya sangat berterimakasih dengan bapak dapat berbagi ilmu kepada saya.saya sudah mencoba mendoawload dari server bapak tapi servernya selalu error
      email saya: alansigit@gmail.com
      Terimakasih pak Rigel. Salam

      BalasHapus
    27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    28. Pak eric, saya tertarik dg perhitungan draft survey ala bapak... Saya sangat berminat,,mohon kiranya dikirim sofware ke email saya tatagbw@gmail.com sebelumnya trimakasih banyak..

      BalasHapus
    29. selamat sore pak abdul rahman, saya cadet deck yg sedang prala di MV.unipac 3 ex kapal pak rahman waktu itu. saya dan chief sally sudah membaca blog anda dan kami sangat tertarik dg program excelnya, tolong pak kirimkan programnya ke alamat email: tofariwidi@yahoo.com .karna ini bener2 buat pembelajaran apalagi saya sebagai cadet saat ini . salam hangat dari semua crew MV.unipac 3. terima kasih sebelumnya pak abdul rahman . saya dapat cerita dari crew tentang anda.

      BalasHapus
    30. salam kenal pak saya sakti....kl blh saya minta program draft survey bpk buat saya belajar.ini email saya shaula_ho@yahoo.co.id
      terima kasih sebelumny...semoga dgn berbagi ilmu bapak dberi lancar rejeki dan kesehatan.amin

      BalasHapus
    31. Salam Pak..
      Terima kasih unk infonya, bisa di kirim ke email saya pak?..saya sangat butuh
      Terima kasih sebelumnya,
      Salam
      Dd
      dedearia77@gmail.com

      BalasHapus
    32. slm... klau boleh tlg dikirim ke email sy pak.. azizdatuamas@yahoo.com
      trima ksih

      BalasHapus
    33. mas rigel, tolong dong....
      boleh ga kirim program draft survey excel ke email saya
      terima kasih sebelumnya
      maldroz@gmail.com

      BalasHapus
    34. Mas rigel bagi donk formula nya..
      Soal nya pengen banget neh belajar ngedraft
      Tolong yh mas..
      Neh email saya : dafiirpa@gmail.com

      BalasHapus
    35. Mas rigel bagi donk formula nya..
      Soal nya pengen banget neh belajar ngedraft
      Tolong yh mas..
      Neh email saya : dafiirpa@gmail.com

      BalasHapus
    36. Selamat Pagi pak Rigel, Saya sengat tertarik program Draught Survey yg bapak buat. sudikah kiranya bpk membagi program yg bpk buat ? klau bpk berknan, tlong d krim k email sya.,trma ksih sblumnya.
      email saya: jeffryroslim@gmail.com
      Terimakasih pak Rigel. Salam

      BalasHapus
    37. Pak rigel bolehkan saya minta sofftwarenya kirim ke marjuliishak@gmail.com..
      Trimakasih salam hormat

      BalasHapus
    38. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ,,,
      Mas Rigel,tlg pak klu bisa dikrmkan juga softwarex draught surveyx keemail sy : husain.n79@gmail.com
      Makasih sblmx pak

      BalasHapus
    39. Dear Pak Rigel,
      Artikel yang bagus pak, kalau bias saya minta softwarenya, email saya orlandovega09@gmail.com
      terima kasih sebelumnya atas bantuan bapak

      Regards
      Roland

      BalasHapus
    40. Dear pak ragil
      Artikel anda sangat membantu.. saya minta software nya pak.. email aditears@gmail.com
      Trimakasih sblmnya... salam pelaut

      BalasHapus
    41. Sy minta diramaikan yah pak soal ya sy lg membutuhkn untuk pekerjaan sy skrg

      BalasHapus
    42. Mas Rigel,tlg pak klu bisa dikrmkan juga software draught surveyx keemail sy : kurniasetiawan92@yahoo.com
      Makasih sblmx pak.

      BalasHapus
    43. selamat siang bapak. Boleh saya minta software nya pak? alamat email saya dodi.djuhrie@gmail.com. terimakasih

      BalasHapus
    44. Selamat pagi pak, boleh saya minta software bapak nya? Alamat email saya imamh209@gmail.com, mohon bantuan nya

      BalasHapus
    45. Selamat pagi pak, boleh saya minta software bapak nya? Alamat email saya imamh209@gmail.com, mohon bantuan nya

      BalasHapus
    46. Selamat pagi pak,boleh saya dibagi softwarenya Ndan...
      Email:mrlonsito@gmail.com

      BalasHapus
    47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      BalasHapus
    48. saya mau membandingkan hasil draft tersebut dengan lmbanga survey yang di tunjuk oleh perusahaan kami...

      BalasHapus
    49. mas bro boleh bagi aplikasinya ?? kirim di sini yah mas bro (rahmadtri083@gmail.com)

      BalasHapus
    50. Assalam mlkm,met pg pak rigel smga sllu berkah dan shat sllu,oo y pak apa bs y sharing soft ware draf srvy ke sy(dwietanto2171@gmail.com) tks wslm

      BalasHapus
    51. Salam survey pak. Saya Helmy, saya tertarik untuk mempelajari draught survey. sekiranya bersedia mengirim file ke email saya cs.lemboade@gmail.com terimakasih

      BalasHapus
    52. Assalamualaikum selamat sore mas, salam hormat dan salam kenal nama saya anggie..mohon ijin mas untuk diperkenankan file excel draught survey nya tolong dikirim ke anggie.febriyanto@gmail.com
      terimakasih mas

      BalasHapus
    53. Mas boleh saya minta aplikasinya...?
      Klau boleh kirim ke-email saya hairan844@gmail.com

      BalasHapus
    54. lamat sore mas, salam hormat dan salam kenal nama saya Ryan..mohon ijin mas untuk diperkenankan file excel draught survey nya tolong dikirim ke ryantg12@gmail.com
      terimakasih mas

      BalasHapus
    55. Sobat pelaut saya tertarik dengan tulisan sobat,untuk lebih maju dan berkembangnya saya kedepan mohon bisa di kirimkan ke email saya dengan alamat
      Sugiantonanang9@gmail.com

      Atas ser yang di berikan kepada saya semoga berguna untuk sesama pelaut
      Terimakasih.

      BalasHapus
    56. om bisa minta dikirimkan formula draft nya ke email marioranu@gmail.com
      terimakasih banyak sebelumya

      BalasHapus
    57. Selamat siang mas boleh saya pakai ptogram nya mas.. untuk draft survey nya tolong kirimkan juga ke email saya wan,ghonest01@gmail.com.terimkasih sebelum nya

      BalasHapus

    58. Dear Pak Rigel,
      Artikel yang bagus pak dan membantu sekali pak dan saya mohon minta softwarenya, email saya harapan.whenry@gmail.com
      terima kasih sebelumnya atas bantuan bapak

      Regards
      Whenry

      BalasHapus
    59. Mas tolong dong kirim ke bbudint@gmail.com thanks

      BalasHapus
    60. Mas bro tolong dong kirim aplikasi excel nya,ini email aku. alkindy.oley@gmail.com
      Salam popeye.makasih

      BalasHapus
    61. Salam Pak, boleh di kirim excelnya ke email saya : ronix.radiohead@gmail.com
      Terima kasih Pak sebelumnya ..

      BalasHapus
    62. Hi Rigel..
      Sungguh ilmu ug berguna. Semoga segala usaha utksharing dari formula survey ini akan dibalas Allah SWT dengan berlipat ganda.
      Sy sdh kirim request di google drive storage.

      Terimakasih.

      BalasHapus
    63. Pak saya boleh minta excelnya itu pak bisa email kesaya pak klo boleh : boardingagent.wpskdw@gmail.com

      BalasHapus
    64. Mas saya boleh minta Excel nya.
      Tolong kirim ke email saya deni1990@gmail.com

      BalasHapus
    65. Capt. Rigel saya boleh minta Excel nya,tolong kirim ke email saya hharyusuf@gmail.com

      BalasHapus
    66. Semoga Berkah Bang Ilmu Dan Formula yg di bagi...
      Jika Capt bersedia memberikan nya kepada saya, saya sangat senang banget bang...
      email : igvlog80@gmail.com
      sebelum nya saya sangat berterima kasih bang capt.

      BalasHapus
    67. Semoga jd berkah bang...kalau boleh sy minta wisnubaskoro24@gmail.com

      BalasHapus
    68. Semoga jdi amal jariyah pak...berkah kepada bapak...
      syahrulg847@gmail.com

      BalasHapus
    69. Semoga berkah pak, mohon kiranya dapat mengirimkn file nya pak
      suryasaputra651@gmail.com

      BalasHapus
    70. Pak minta tolong kirimkan format draf nya ke saya pak, dindainsurindo@gmail.com

      BalasHapus
    71. Selamat malam Capt Rahman salam kenal saya Agoes boleh dikirimkan format n aplikasi draft survey ke e mail saya agoestsoedijono@gmail.com untuk mempermudah pekerjaan saya, Banyak Terimakasih sebelumnya

      BalasHapus
    72. Selamat Siang Capt Rahman salam kenal saya Abir boleh dikirimkan format n aplikasi draft survey ke e mail saya djabirmaluwu46@gmail.com untuk mempermudah pekerjaan saya, Banyak Terimakasih sebelumnya

      BalasHapus
    73. bagi filenya capt 🙏
      ridhojyee@gmail.com

      BalasHapus

    Next previous home
     

    pilihlah salah satu

    Edited Minima Template by ERICK RAHMAN

    [close]