Temukan kami di Google+

Selasa, 29 Juni 2010

SOFTWARE BUAT CHIEF & 2nd OFFICER ‘MARINE OFFICE 5.1’

Jumpa lagi pada postingan saya, kali ini saya akan membahas dan membagikan software bagi kawan-kawan pelaut khususnya bagi kawan-kawan yang mempunyai jabatan deck officer dikapal.

Marine office software adalah software dari marine software.com, yang pasti software ini bisa membantu meringankan pekerjaan kawan pelaut khususnya bagi yang jabatanya chief officer dan second officer dikapal agar tidak berkutat terus dengan rumus serta ditemani oleh kalkulator atau sempoa yang tela usang. ha…!!! hari gini masih ada tu barang??? ya jelas adalah tanpa itu semua percuma kita belajar disekolah ya gak !!! jadi sekolah-sekolah pelayaran akan berubah menjadi tempat kursus super singkat. intinya apa-apa yang kita dapatkan disekolah pelayaran seperti rumus-rumus tetap harus digunakan sebagai nilai pembanding.

Sebenarnya ada versi teranyar saat ini yaitu maritime software suit tapi kawan pelaut harus membeli softwarenya, saat saya membandingkan versi trialnya dengan marine office software sepertinya tidak ada perbedaan yang signifikan dari kedua software tersebut selain perbedaan tampilan. bagi saya masalah  tampilan bukanlah segalanya asal kerjaan kita beres bukan begitu kawan pelaut??? lagian memakai versi marine office software adalah free alias gratis..tis..tis. gak percaya cobain aja. pokoknya dalam blog ini hanya berbicara yang gak mahal-mahal kalau bisa gratis buat kawan-kawan pelaut. tapi kalau kata pak budi teman saya didunia ini gak ada yang gratis saya pikir benar juga ya soalnya kita mau akses internet saja pasti bayar kecuali kalau kita bisa menghack jaringannya

kata gratis yang saya coret diatas bertanda crack software ini saya tidak bagi lagi mengingat ada hak intelektual yang harus kita hargai disitu. dari pada saya mengajarkan yang tidak baik sama kawan pelaut kan dosa makanya saya mencoba membuatnya dalam program excel coba dech kawan pelaut tengok postingan - postingan saya dari atas sampai bawah saya sudah membuatnya dalam program excel walau butuh waktu dan memeras otak tapi untuk menebus dosa rasanya gak sebanding, oh iya kawan pelaut bisa mendownloadnya secara gratis lo.

Bagi kawan pelaut yang sepaham dengan saya dalam hal ini pecinta gratisan silahkan lanjut dibaca postingan saya ini ok.

silahkan kawan pelaut mendownload softwarenya terlebih dahulu disini.

Oh ya sebelum mendownload kawan pelaut harus menghubungi saya dulu. ini dikarenakan filenya tersimpan pada server saya sendiri dan juga karena saya gak bisa online setiap hari atau komputer saya perlu istirahat. atau kawan pelaut bisa mencarinya dengan mendatangi paranormal yang namanya mbah google dengan bermodalkan ayam hitam koneksi internet serta jampi-jampi marine office 5.1 software atau maritime software maka permintaan anda akan dikabulkan oleh mbah google.atau coba langsung saja menuju ke sini ,cari disitus tersebut.

Setelah didownlowd softwarenya diinstall pada komputer/laptop kawan pelaut atau pada komputer kapal,setelah diinstall sedikit petunjuk bagi kawan pelaut.

Buka marine softwarenya maka akan muncul popup seperti berikut.

mo

Karena kita maunya yang gratis jadi gak usah diisi apapun pilih saja cancel,maka akan muncul popup sebagai berikut klick saja ok.

mo2

Setelah jendela mariner’s office terbuka klik file—>new atau tekan ctrl+N maka akan muncul popup option seperti ini

mo3

Optionnya terdiri dari :

  • Draft survey manual
  • Draft survey auto
  • Lashing calculation
  • Route plan

pilh salah satu dan klik tombol OK,

  • Draft survey manual

Untuk draft survey manual akan ada popup, disitu kawan pelaut harus memasukkan nama kapal,memilih ukuran satuan unit,kondisi kapal bongkar atau muat,serta koreksi untuk hoging dan saging,serta beri tanda centang pada apply list correction dan klik tombol create.maka akan muncul jendela baru seperti ini.

ds4

Pada form diatas adalah form untuk initial survey diisi dengan data-data kapal serta hasil survey, untuk mengisi data pada final survey klik pada tombol sebelah kiri atas, begitupun pada ballast table,ini screen ketika kawan pelaut mengklik tombol ballast table.

ds5

Untuk cara manual ini kita belom lepas dari kalkulator setelah semua data-data survey diisi kawan masih harus menghitung nilai dari displacement,lcf,tpc,dll. setelah itu klick pada tombol calculate untuk melihat hasilnya dan jangan lupa untuk disave, untuk mencetaknya klik print report,selesai dah.

  • Draft survey auto

Untuk draft survey auto sama langkah-langkahnya dengan draft survey manual,hanya saja pada screennya sebelah kanan ditambah tombol particular table, hydrostatic table, serta ballast table, maka kawan pelaut harus mengisinya dengan cara mengklick tombolnya maka kawan dapat menginput data kapal untuk dipake selamanya dan memungkinkan kawan untuk tidak memakai kalkulator lagi kawan hanya memasukkan draft kapal saja.

  • Lashing calculation

Pilih lashing calculation,muncul popup isi dengan ship’s particular kapal kawan,pilih create. maka akan muncul jendela seperti ini.

lashng

Kawan tinggal memasukan data cargo, stowage position serta pada securing arrangement setelah itu klik calculate. kawan bisa mengatur bagian mana dari muatan yang perlu dilashing atau ditambah lashingnya.indikatornya pada tabel bagian bawah, jika OK semuanya cargo is secured properly.

  • Route plan

Pilih route plan muncul jendela option pilh salah satunya klik open dan akan muncul jendela seperti ini.

rt1

Pada screen ini yang terlihat adalah deskripsi dari daftar rute yang telah di buat misalnya 02/07 adalah no dari route list, greenore-belfast merupakan nama route list, greenore adalah pelabuhan tolak, belfast adalah pelabuhan tujuan jaraknya 61.4 nm, dan mempunyai waypoint sebanyak 4.

bingung ya, ya dianalisa sendiri aja ya.

Untuk melihat detail dari route list double klik pada routenya atau highligt routenya dan klik pada route details disamping tombol route list, pada route details kawan dapat menambah/megurangi waypointnya dengan mengklik tombol insert atau delete.jika ingin menambah waypoint klik insert maka anda cukup memanggilnya dari library dengan  mengetik no waypoint jika no waypoint blom ada di library maka kawan harus membuatnya dulu pada library.

Klik library, yaitu tombol sebelah kiri atas samping tombol routes maka akan muncul screen sperti ini.

rt2

Pilih new masukan data dari waypoint yang baru,setelah itu masukan waypoint yang telah dibuat dengan memasukkan no waypointnya pada route details,pada bagian kanan bawah tertera jarak /distance to go dalam nautical miles untuk rute tersebut.

Semoga penjelasan singkatnya dapat dipahami.

Oh ya postingan kemarin saya membahas tentang sailing plan online dimana suatu program excel yang dapat membuat sailing plan yang sudah saya upload kegudang dokumennya mbah google yang dapat di akses lewat internet, kawan pelaut bisa langsung mengerjakannya dari jendela blog saya atau masih kurang puas karena ukurannya kecil kawan pelaut dapat mengaksesnya lewat google.

Jaya bagi pelaut merah putih…

Kata jaya mengingatkan saya pada saat masih culun dulu (masih taruna tingkat satu kepala cepak)kalau diingat-ingat lucu juga ya.hehehe.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Next previous home
 

pilihlah salah satu

Edited Minima Template by ERICK RAHMAN

[close]